Kamis, 24 Oktober 2019

Cara Mudah Meringkas Jurnal Artikel

             Nah, untuk kali ini saya akan berbagi materi yaitu meringkas sebuah jurnal. Diantara kalian pasti tidak asing dengan hal ini, bahkan mungkin hampir setiap hari menjumpai hal ini. Entah karena tugas sekolah dsb. Sebelum meringkas jurnal artikel, perlu kita ketahui apa itu sebenarnya meringkas jurnal artikel. 

https://riariyus.blogspot.com/2019/10/cara-mudah-meringkas-jurnal-artikel.html

             Meringkas jurnal artikel adalah proses menyoroti dan menyajikan gambaran inti dari sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam sumber ilmiah melalui penelaahan sejawat. Ringkasan dari jurnal artikel menyediakan komentar deskriptif pendek kepada calon pembacanya, sehingga,

memberikan mereka pemahaman ke dalam inti artikel. Menulis dan meringkas sebuah jurnal artikel adalah tugas yang umum dilakukan oleh mahasiswa dan asisten peneliti.

Baca juga: https://riariyus.blogspot.com/search/label/Cara%20Meningkatkan%20Minat%20Baca%20Pelajar

            Dalam meringkas suatu jurnal artikel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

1. Bacalah abstrak. 
          Abstrak adalah paragraf pendek yang ditulis oleh penulis untuk meringkas artikel penelitian. Abstrak biasanya terdapat di hampir seluruh jurnal akademik. Abstrak menyediakan ringkasan pendek dari keseluruhan isi dari sebuah jurnal artikel, dan memberikan sorotan penting dari penelitian tersebut.

2. Pahami konteks penelitian. 
          Pastikan bahwa anda mengetahui secara spesifik mengenai topik yang dibicarakan dan dianalisis oleh penulis, mengapa penelitian atau topik tersebut diangkat, apakah artikel tersebut ditulis dalam menanggapi artikel lain di topik tertentu atau tidak. Dengan melakukan hal ini, anda akan mempelajari argumentasi, kutipan dan data untuk diambil dan dianalisis dalam ringkasan yang anda buat.

3. Kesimpulan
          Simpulkan dan cari tahu di mana penelitian yang diusulkan berakhir untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik dan untuk memahami ke mana permasalahan dan argumentasinya akan mengarah. Akan sangat mudah bagi anda untuk memahami informasi apabila anda membaca kesimpulan peneliti terlebih dahulu.

4. Identifikasi argumen utama atau posisi artikel. 
          Untuk menghindari pembacaan hal yang sama dua kali untuk memberikan pemahaman anda tentang gagasan besar dari bacaan tersebut, pastikan anda memahami gagasan besarnya pada saat pembacaan pertama kali. Ketika anda membaca, catatlah atau sorot atau garis bawahi gagasan besar bacaan tersebut.

5. Tinjaulah argumennya. 
          Lanjutkan membaca berbagai aspek dari jurnal artikel, sorotilah poin-poin utama yang didiskusikan oleh penulis. Fokuslah kepada konsep dan gagasan utama yang digagas.

6. Selamat mencoba, selamat belajar, dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar